Extra Bar

Sabtu, 30 Juli 2011

TIPS masuk PTN


Temen - temen semua gua mau share aja nih supaya kalian kalian yang mau masuk PTN bisa berhasil dan berjalan dengan lancar. sebenernya sih ini tips klasik ya cuma gua mau ngingetin aja lagi, kalo mau di ikutin ya silahkan tapi kalo enggak juga gak papa papa kok. karena kan setiap orang punya jalan nya masing masing untuk mencapai sebuah kesuksesan. Nah ini tips sukses PTN kalo menurut versi gua :
  • Restu orang tua
Ini adalah hal terpenting yang pertama harus lo dapet, yaitu restu dari orang tua. mau sekeras apa lo berusaha mau setekun apa lo belajar dan berdoa, tapi kalo lo masih buat orang tua lo jengkel dan lo belom dapet restu dari orang tua lo, mungkin akan banyak hal hal yang menghambat lo untuk masuk PTN. Nah mulai sekarang lah lo harus bilang sama orang tua lo, sebagai contoh ada anak X yang mau masuk UGM. " Mah pah maaf in X ya kalo selama ini X sering buat salah sama mamah papah, sering ngecewain dan sering buat jengkel mamah papah. X kan sekarang udah kelas 3, nah X udah mau masuk universitas, mohon doa restu nya dan ke ikhlasan mamah papah buat X supaya bisa masuk UGM yaa, tolong di setiap abis sholat doain X, setiap tahajud juga doain X, dan support X di setiap waktu supaya X bisa masuk UGM dan bisa bahagian in mamah papah nanti nya :) "
  • Niat 100%
Nah ini juga penting karena setiap ingin melakukan sesuatu segalanya harus dengan Niat, yaitu dengan niat yang mantap dan bulat ( 100% ). keajaiban dari niat ini pasti terasa kok dicoba aja mulai sekarang kalian niat dari hati yang paling dalem mau masuk universitas ( X ) dan jurusan ( X ). Allah mengetahui apa yang kita inginkan dan apa yang terbaik buat kita kok. nah mulai lakukan dan ucap janji lah pada DIRI KALIAN SENDIRI dan mebaktis diri kalian sendiri akan ke NIAT tan kalian itu dan rasakan apa yang akan terjadi.
  • Belajar yang rajin dan sungguh sungguh 
Ini perkataan "NORAK" karena Normal semua orang juga tau sampe nenek nenek salto juga tau ^_^
  • Sholat dan Ibadah yang rajin dan tekun
Ini perkataan "NORAK" karena Normal semua orang juga tau sampe Sule amnesia juga masih tau : D
  • sebelum memulai belajar pada pagi hari biasakan membaca surat pendek
Kalo tips ini gua dapetin dari wali kelas gua yaitu " Mam tanti" beliau bilang setiap pagi sebelum belajar ada baiknya kalian membaca surat pendek dulu yaitu surat Al - Fatihah, Al - Ikhlas, Al - Falaq, An - Nas, dan Ayat Kursi, Dibaca masing masing 7 kali. beliau gak bilang fungsi nya buat apa, tapi biar kalian cerna sendiri. kalo menurut gua sih supaya sebelum belajar kita sudah siap, dan di pagi hari kita sudah mempunyai aura posotif dari ridho allah dan yang akhir nya akan menangkap pelajaran dengan mudah. Nah kalo menurut kalian gimana ? apa yang kalian rasakan ?
  • Sering sering melakuakn Relaxasi dan menjadikan otak dalam ke adaan alfa
melakuakn relaxasi adalah hal yang lumayan penting bagi kebutuhan otak anda, di saat kalian strees atau banyak pikiran dengan meng "alfa" kan ke adaan otak anda, pasti langsung terasa segar dan nyaman. seperti fresh dan seperti otak dalam keadaan pikiran kosong. Nah setelah melakuan relaxasi ini biasa nya otak kita sangat mudah untuk menangkap dan mencerna pelajaran yang di berikan. Lakuakn lah relaxasi otak hingga ke adaan alfa ini setiap kalian sebelum memulai belajar dan saat mengalami penat saat belajar :)
  • Memperbanyak sholat berjama'ah
Tips ini gua dapet dari ketua rohis angkatan atas gua yaitu ketua rohis "emirates" kata dia banyak banyak kin sholat berjamaah, doa nya yang kenceng dan banyakin juga ibadah sunnah dan sodakoh nya. keistimewaan sholat berjama'ah itu banyak dan Allah pun menyarankan umat nya untuk menjaga sholat berjama'ah nya. Kalo pengalaman gau sendiri sih gua emang ngerasa bener, bukannya sombong atau apa waktu gua SD yaitu kelas 4,5, dan 6 berturut turut gua mendapat peringkat 1 di kelas. karena waktu itu gua masih sering main di masjid dan sholat berjama'ah di masjid. tetapi setelah SMP kebiasaan gua itu lahan perlahan ilang dan prestasi pun menurut terjun payuung T.T :( ~_~ dan sekarang gua akan mencoba untuk memperbaiki itu semua !!!!!
  • Memperbanyak Ibadah Sunnah
Memperbanyak lah ibadah sunnah, seperti sholat tahajud ( kalian juga pasti tau apa dari Kesitimewaan sholat tahajjud yang salah satu nya itu adalah "SARANA TERKABULNYA DOA" ), lalu sholat Dhuaha ( Keistimewaan dari sholat dhuha juga kalian pasti udah pada banyak yang tau ) lagi pula kita bisa melakukan sholat dhuha saat waktu istirahat jadi tidak terlalu mengganggu dan terbebani. dan jangan lupa juga lakukan sholat sunah sebelum dan sesudah sholat. Dan yang terpenting adalah " JANGAN MENJADI AHLI SUNNAH, SEDANGKAN YANG WAJIB DITINGGALKAN" pesan ini saya dengar dari penelpon dalam acara umi dan teteh. maksud nya jangan memperbanyak sholat sunnah tapi yang wajib ditinggalkan.
  • Sering sering Beramal Infaq Sodakoh Zakat
Sering sering lah beramal, karena beramal dapat membersihkan kita dari harta harta yang telah menodai batin kita, dan jika batin kita bersih tentunya doa kita akan lebih mabrul. lagi pula uang kita tidak akan habis dengan beramal karena setiap orang ada rezeki nya masing masing. kalo kata ketua rohis angkatan atas gua " kalo ada pengemis yang datang kepada kita itu adalah takdir, karena sehelai daun jatuh pun itu adalah takdir, nah sekarang gimana dari kita nya mau "memberi" atau "tidak". dan mengapa allah menakdirkan pengemis itu datang kepada kita, itu karena allah tau bahwa kita mampu untuk memberi sedekah kepadanya. dan doa sang pengemis itulah yang tentunya akan membawa kita ke cita cita yang kita inginkan". dbwudbhuw

  • Suka menolong orang walaupun dalam bentuk sekecil apapun
Nah kalo yang ini gua dapet cerita dari kakak kelas gua namanya ka "devi/wawa" ( senior di osis, ONP ). kata ka wawa pokok nya kita sering sering aja deh nolong orang, ngasih bantuan sama orang walaupun hal itu kecil. karena dari sekecil bantuan apapun yang kita kasih kepada orang pasti berguna tentunya bagi dia. Dan saat penentuan di terima PTN nanti banyak banget ke ajaiban yang gak di kira kira, kalo pas SMP ke SMA kita udah kaget sama orang yang gak di kira kira, misal padahal dia gak terlalu pinter tapi bisa dapet NEM tinggi atau padahal dia pinter tapi dapet NEM nya rendah itu hal yang "Biasa" di banding ke ajaiban yang sangat aneh saat penentuan ke terima di PTN nanti. jadi, jadilah orang yang saling tolong menolong ^^ .

  • Penyemangat Hidup ( Yang membuat hidup kita berarti )
Kalo ini tergantung dari masing masing individu nya aja, ada orang yang butuh dengan adanya pendamping sebagai penyemangat hidup dia dan ada juga yang enggak. Nah sekarang kembali ke diri kalian sendiri, kalian butuh atau enggak dengan adanya penyemangat hidup yang membuat hidup kita lebih berarti. gua ada cerita nyata nih temen gua namanya joddy mulya " dia orang nya padahal gak pinter malahan kalo kata gua bener bener yang dalam pelajaran itu orang nya blank banget sama yang namanya pelajaran, cuma pas kelas 3 dia nemuin orang yang bisa nyemangatin hidup dia dan menyuport dia dari awal sampe bener bener terakhir. dan akhir nya dia dapet PTN di Hukum UNSOED ya walaupun hidup nya agak sedikit terkekang karena peraturan yang di buat sama pacar nya, tapi itu semua demi kebaikan nya. hahaha ^^ " dan ada juga ya enggak " bagi mereka yang gak suka punya pacar, dan lebih bisa atau konsen belajar kalo gak punya pacar juga banyak, temen gua yang peringkat 1 paralel se angkatan 2 kali berturut turut pun begitu. Dia lebih bisa, senang, fokus, dan konsen belajar sendiri dan dengan teman teman yang bersamanya " . Gimana kalo dari diri kalian masing masing ?? 

  • Bimbel ( Bimbingan belajar )
Bimbel yang bagus dan cocok menurut kalian, pilihlah bimbel yang berkualitas yang cocok bagi diri kalian yang membuat kalian nyaman belajar di sana, dan jangan sampe nyesel ketika sudah masuk bimbel tersebut.

  • Luck
Faktor keberuntungan, kita tidak bisa mengungkiri ada nya faktor keberuntungan ini, karena percaya atau tidak faktor ini memang ada dan lumayan berpengaruh. namun kalo gua bilang sudah "ABAIKAN" saja dan kita berusaha saja semampu kita :) .

Itu semua tips - tips agar kita bisa masuk PTN yang kita inginkan "MENURUT GUE" disini gua gak ingin menyuruh, menggurui, atau mengharuskan tips tersebut. gua hanya sekedar share yang ada di benak gua, karena gua pun masih perlu belajar banyak dari lingkungan dan masyarakat sekitar. 

terima kasih sudah membaca dan menyimak artikel gua!!!

"Gua Agung Priambada Siswa SMA Negeri 61 Jakarta dengan segala kerendahan hati meminta doa dari teman teman semua agar saya dapat Diterima kuliah dan menjadi mahasiswa di Universitas Gajah Mada Jurusan Hubungan Internasional atau Management

    2 komentar: